FAQ

Penerimaan Taruna Baru Stmkg

FAQ PTB

Q: Apakah STMKG tahun ini membuka pendaftaran?

A: Berdasarkan informasi dari situs resmi STMKG dan portal SSCASN DIKDIN menyatakan bahwa pada tahun 2021 STMKG membuka pendaftaran taruna baru. Pendaftar diharapkan terus memantau website dan media sosial resmi STMKG serta portal SSCASN DIKDIN untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai hal tersebut.

Q: Kapan pendaftaran PTB STMKG dimulai?

A: Berdasarkan informasi dari situs resmi STMKG dan portal SSCASN DIKDIN pendaftaran dimulai pada tanggal 9-30 April 2021. Pendaftar diharapkan terus memantau website dan media sosial resmi STMKG serta portal SSCASN DIKDIN untuk mendapatkan Informasi terbaru mengenai hal tersebut.

Q: Apa saja ketentuan/syarat untuk mendaftar STMKG?

A: Segala ketentuan atau persyaratan pendaftaran STMKG akan diberitahukan melalui wesite https://ptb.stmkg.ac.id/ketentuan dan media sosial resmi STMKG.

Q: Bagaimana alur pendaftaran PTB STMKG?

A: Pertama, pendaftar mengakses https://dikdin.bkn.go.id kemudian membuat akun dan masuk ke menu LOG IN. Setelah pendaftar melengkapi biodata, pastikan memilih Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika saat menentukan sekolah kedinasan yang akan dilamar. Tahap selanjutnya, yaitu input data, pembayaran, dan pelaksanaan ujian seleksi. Segala informasi yang terkait hal tersebut akan diberitahukan melalui wesite https://ptb.stmkg.ac.id/ dan media sosial resmi STMKG.

Q: Apakah STMKG secara resmi mengadakan transaksi buku latihan soal dan atau bimbingan belajar untuk menghadapi seleksi masuk STMKG?

A: STMKG tidak pernah mengadakan kerjasama dengan bimbingan belajar manapun serta tidak mengadakan/menjual buku latihan soal.

Q: Apa yang bisa saya lakukan jika saya menemukan informasi yang berseberangan (tidak benar) dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh STMKG (baik secara langsung, maupun dari media sosial)?

A: Kepada seluruh pendaftar STMKG yang menemukan informasi yang tidak benar/tidak sesuai dengan informasi yang terdapat di situs resmi STMKG, dimohon untuk tidak mudah mempercayai informasi tersebut. Informasi resmi mengenai STMKG dapat diakses pada website serta sosial media resmi STMKG. Jika terdapat informasi yang kurang jelas, pendaftar dapat bertanya melalui helpdesk dan sosial media resmi STMKG. Pendaftar juga dapat melaporkan informasi yang tidak benar tersebut ke kolom Helpdesk di situs resmi STMKG dengan melampirkan bukti informasi yang tidak benar tersebut.

Q: Dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang, bagaimana prosedur pelaksanaan PTB STMKG terutama saat pelaksanaan CAT?

A: Prosedur pelaksanaan tes CAT dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat, diantaranya peserta diwajibkan menggunakan masker dan menerapkan physical distancing serta akan dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh panitia di lokasi ujian. Peserta juga wajib menjalankan isolasi mandiri 14 hari sebelum pelaksanaan CAT, dan ditekankan kepada seluruh pendaftar agar mematuhi segala protokol kesehatan yang berlaku, baik saat mengikuti segala tahapan seleksi PTB STMKG ataupun saat menjalani aktivitas keseharian.

Q: Bagaimana jika surat keterangan lulus belum diterima oleh lulusan tahun 2021 sampai tanggal 30 April 2021?

A: Untuk lulusan tahun 2021 yang belum mendapatkan surat keterangan lulus sampai tanggal 30 April 2021, diperkenankan untuk menggunakan Surat Keterangan Akan Lulus/Surat Keterangan Aktif di Kelas 12.

Q: Bagaimana jika saya belum memiliki KTP, berkas apa yang dibutuhkan untuk menggantikannya?

A: Bagi peserta yang belum memiliki KTP, dapat digantikan dengan Surat Keterangan dari DUKCAPIL.

Q: Apakah biaya pendidikan di STMKG berbayar atau gratis?

A: Biaya pendidikan di STMKG gratis, namun taruna/i yang diterima akan ditarik biaya untuk keperluan seragam, atribut, dan lainnya. Biaya tersebut akan dibebankan hanya di awal pendidikan (yaitu saat daftar ulang) untuk 4 tahun pendidikan.

Q: Apakah taruna/i STMKG angkatan 2021 nanti sudah masuk asrama atau belum?

A: Untuk saat ini, taruna/i STMKG masih tinggal di kamar indekos dan belum masuk asrama. Dikarenakan asrama STMKG sedang dalam proses pembangunan.

Q: Dimana lokasi ujian masuk STMKG diselenggarakan?

A: Lokasi ujian SKD dan SKB diselenggarakan di 20 titik lokasi Kanreg/UPT BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yaitu Medan, Padang, Batam, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Denpasar, Kupang, Makassar, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Jayapura, dan Merauke. (Nb. Lokasi yg tidak ada Kanreg/UPT untuk fasilitas CAT: Manokwari, Merauke, dan Kupang, akan ditentukan kemudian)